18 Oktober 2024
logo
Berita Utama

Groundbreak Ceremony Kawasan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Batu Bara

Groundbreak Ceremony Kawasan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Batu Bara

www.justicecollaborationnews.com,Batu Bara

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meletakkan Batu Pertama kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Batu Bara,Selasa 21 Februari 2023 di Areal Kawasan Perkantoran Kecamatan Lima Puluh,didampingi Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir MAP dan Forkopimda,Danlanal,Kapolres,kajari,Kepala BPN Asahan/Batu Bara,Kepala Desa,Kepala Dusun,Ketua BPD,Ketua LPM,tokoh pemekaran Kabupaten Batu Bara,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,Ketua Tim Penggerak PKK.

Berbagai kalangan masyarakat memprediksi bahwa,Peresmian proyek yang Tujuannya sebagai wujud syukur atas himbauan yang harus segera dilaksanakan atau dikerjakan pada hari yang akan datang, Bentuk permulaan dari sebuah kerjasama yang diharapkan akan menghasilkan keuntungan dan juga peluang bagi pihak-pihak yang terkait di dalam proyek selanjutnya, Jadi ajang promosi yang bisa mendatangkan banyak penawaran dan rasa penasaran dari calon konsumen terhadap proyek yang dikembangkan serta Simbol dari sebuah komitmen dan kerjasama yang baik di antara pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan.

"Yang dibangun Kantor Bupati 2 lantai ukuran 21 × 100 menghadap ke jalan nasional dengan anggaran Rp. 54 miliar berdiri diatas lahan 100 × 300 m (3 Ha). Juga dibangun Pendopo (aula), manasik dan jalan disisi rel KA. Sedangkan di depan kantor Bupati akan dibuat tempat parkir, taman dan resapan air,” ujar Plt.Kepala Dinas PUPR,Selanjutnya jalan masuk utama ke kantor Bupati, Bresman mengatakan telah mengusulkan kepada Bupati Zahir agar melalui jalan lingkar di sisi rel KA. Nantinya jalan ini dibuat 2 jalur dengan pembatas jalan dibagian tengah,Jalan masuk utama direncanakan dari jalan lingkar disisi rel KA agar tidak mengganggu lalu lintas di jalan nasional (Jalinsum)”, 

Selain itu Bresman juga memastikan, kedepan Pemkab Batu Bara akan menyurati Kementerian PUPR agar melakukan pelebaran Jalan Nasional mulai dari batas Kelurahan Lima Puluh Kota di Banyuwangi Water Park hingga lokasi perkantoran. konsepnya 2 jalur dan ditengah dibuat pembatas jalan dengan total lebar setidaknya 22 meter.

“Sudah ada konsep pelebaran sebelumnya jadi untuk langkah awal kita lakukan perkerasan di depan lokasi perkantoran. Kita juga akan minta PLN memindahkan tiang listrik ke seberang jalan”, 

Lebih lanjut dikatakan Bresman Plt.Kepala Dinas PUPR Batu Bara, guna pembangunan sarana berikutnya seperti GOR dan OPD serta Kejaksaan dan Pengadilan Negeri, akan dilakukan lagi pematangan lahan di belakang kantor Bupati nantinya.

Seremonial dihadiri ratusan masyarakat sekabupaten Batu Bara yang tersebar di 141 Desa 12 Kecamatan dan 10 Kelurahan,OPD,Kepala BPN Asahan&Batu Bara,Forkopimda Batu Bara,Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Eks.Kepala BPN Asahan yang sebelumnya adalah Ketua Pembebasan Tanah kawasan Perkantoran Bupati Batu Bara istimewa mendapat penghargaan atas suksesi yang dilakukannya bersama Tim yang dipimpinnya.

Sebelumnya Kabagtapem Yasir ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kelebihan HGU di PT.SI namun berapa angka luasnya sampai saat ini belum mendapat kabar dari BPN "nantu kalau sudah ada saya kabari abang " Ujarnya kepada Media ini, Senin (20/2)diruang kerjanya.

Terkait hasil panen TBS dari 35 Hektare kawasan perkantoran yang masih ditanami pohon sawit produktif diakuinya tidak mengetahui siapa penanggung jawabnya.

Isu beredar diduga pengelolaaanya ditangani oleh BUMD Batu Bara.

Terkait hal tersebut Direktur Pelaksana Abdul.G.Ssos ketika dikonfirmasi,Selasa (21/2)  mengatakan "benar sekira 20 Ha yang produktif dan 15 Ha masih masa perawatan sudah 5 kali panen dengan hasil 5 ton,7 ton,8 ton,9 ton dan 10 ton  tahap  pemupukan dengan cost Rp.30 Jutaan  dan sudah kita setor ke Kas BUMD,kita akan rawat sebaik mungkin agar memperoleh hasil yang memuaskan.

Runutan acara diawali tari sambut Edy Rahmayadi Gubernur Sumut dan Bupati Batu Bara H.Ir.Zahir MAP beserta rombongan,Pelantikan PC MABMI,Pelantikan PGRI,Pelantikan Korpri Kabupaten Batu Bara.

Sambutan Tokoh masyarakat Kabupaten Batu Bara diwakili Ketua DPRD Batu Bara M.Syafii.SH memaparkan bahwa hari ini menjadi catatan bersejarah pasca pemekaran 16 Tahun lalu,dimasa kepemimpinan Zahir dan Oky mampu mewujudkan Pembangunan Kantor Bupati dan Mengucapkan Terima Kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menghibahkan beberapa luas tanah untuk pembangunan Rest Area dan Tanah pembangunan Mesjid di Laut Tador dan telah meresmikan Pemakaian Mesjid Abdul Arrahman Ishak Di Kecamatan Laut Tador.

Bupati Batu Bara dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas rencana pembangunan kantor Samsat Batu Bara oleh Kadis Bapenda Sumut Fadli juga putra daerah menjadi OPD di Sumut Bahar Siagian,Juga Ucapan Terima Kasih Kepada Gubernur memberikan Hibah tanah pertapakan SMA Negeri disamping Rest Area Laut Tador.

Kantor Bupati adalah Icon dan yang belum punya kantor di Indinesua itu Batu Bara, Sumbangsih  yang besar dari Gubernur dan DPRD Batu Bara maka tanah lahan ini terwujud.

Pemberuan Penghargaan Kepada Kepala BPN Batu Bara dan Asahan serta Manager PT Socfindo Indonesia Lima Puluh.

Dirangakai juga pengharagaan Desa kategori terbaik,Operator terbaik keuangan Desa yang diserahkan oleh Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Bupati Batu Bara dan wakil Bupati memberikan intensif dengan total dana 500 juta rupiah.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan diundang ke Batu Bara seolah serasa pulang kampung.Edy memberikan langsung 25.000 Zak Semen untuk  membangun awal Perkantoran Bupati Batu Bara dan Edy menyebutkankan bahwa Daerah teraman di Dunia dan letak geografis strategis didunia dan berpotensi luar biasa,dan ini mendorong niat beliau mencalonkan diri jadi Gubernur Sumut.

"Batu Bara Klaster Dunia"tutupnya  untuk selanjutnya meletakkan Batu Pertama Kawasan Perkantoran Bupati Batu Bara diikuti Ketua DPRD Batu Bara,Wakil Bupati Batu Bara,Ketua Kadin Faizal,Ketua TP.PKK ,Wakil Kerua DPRD Batu Bara.(D.Munthe)