18 Oktober 2024
logo
Pendidikan

MAJU JALAN,MASYARAKAT INDUSTRI YANG SEJAHTERA,MANDIRI DAN BERBUDAYA ADALAH PILIHAN BATU BARA

MAJU JALAN,MASYARAKAT INDUSTRI YANG SEJAHTERA,MANDIRI DAN BERBUDAYA ADALAH PILIHAN BATU BARA

YAKIN BATU BARA BISA !

     Masyarakat industri merupakan sekelompok orang yang mempunyai keterlibatan dalam kaitan teknologi, ekonomi, dan perusahaan di sentra- sentra produksi.Bercirikan Meluasnya produksi massa barang-barang industri dengan menggunakan mesin, yang terpusat di kota-kota besar. Migrasi massal dari pedesaan ke kota-kota (urbanisasi) Peralihan dari pekerjaan sektor pertanian kepada pekerjaan di sektor pabrik.karena dalam masyarakat industri perkembangan dan pengaruh budaya asing lebih mudah dan cepat berkembang dan menyebar di banding pada masyarakat agraris yang umumnya budaya dan adat istiadatnya masih kental.

     Perubahan dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri terjadi karena adanya usaha-usaha masyarakat menyesuaikan diri dengan kebutuhan, kesadaran, dan kondisi baru.

     Dampak positif perubahan sosial adalah munculnya nilai dan norma yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, berkembangnya lembaga sosial baru, dan pesatnya perkembangan teknologi.

     Dampak negatif perubahan sosial adalah munculnya disorganisasi sosial, cultural shock yang dapat diatasi dengan keseimbangan moral keagamaan don sosial budaya kita.

     Sementara Masyarakat kita masih kental dengan masyarakat agraris memiliki ciri-ciri mahir dalam pembuatan dan juga penggunaan alat pertanian. Mereka dapat memprofuksi sendiri alat-alat pertanian yang diperlukan. Hampir semua rumah anggota masyarakat agraris memiliki peralatan pertanian,yang masih kuat di masyarakat umumnya,namun sebaiknya tidak cukup sampai disini.

     Dengan menjaga sikap dan perilaku dalam rangka menghadapi perubahan sosial budaya yaitu memperkokoh nilai-nilai karakter budaya bangsa sebab Globalisasi menyebabkan perubahan budaya

     Dampak positif dari perubahan sosial yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat haruslah kita dukung. Karena hal itu dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

     Masyarakat tradisional dapat menghambat perubahan sosial budaya Karena masyarakat tradisional tidak mau menerima unsur unsur budaya lain ,mereka menganggap bahwa budaya nya lebih baik daripada budaya lain.

     Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. ... Tercipta Lapangan Pekerjaan Baru. ...Terciptanya tenaga Kerja yg Profesional. ....Terbentuknya Nilai dan tata cara Baru. ...Peningkatan Efektivitas 

     Sebuah kenyataan yang kita hadapi secara nyata dihadapan mata ,mungkinkah kita berlarii menghadapi kenyataan ini ?

     Jika tidak ingin tergilas,maka mulailah setidaknya mulai hari ini,sebab orang lain sudah memulainya terlebih dahulu.

     Manusia yang berbudaya adalah seseorang yang menguasai dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai budaya, khususnya nilai-nilai etnis dan moral yang hidup dalam kebudayaan masyarakat.

     Kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar (deep-rooted) dalam sendi kehidupan masyarakat.

     Pemerintah Kabupaten Batu Bara dianggap tepat memilih thema hari jadinya yang ke-16 tahun ini Menjadikan masyarakat industri yang sejahtera,mandiri dan berbudaya

     Sebuah pilihan yang luar biasa yang mengarahkan masyarakat pada titik etos kerja produktif untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermuara pada perrbaikan ekonomi masyarakat dan kemajuan daerah.

     Sudah saatnya masyarakat kita berubah menjadi masyarakat industri yang menyesuaikan kebutuhan dengan keadaan baru,prilaku kemandirian sangat diharuskan dengan tidak menghilangkan norma-norma budaya arif lokal sebagai jati diri bangsa yang bermartabat dalam pergaulan globalisasi modern.

     Sebaiknya pulalah Pemkab.Batu Bara membangun sistem atau aplikasi yang terhubung dengan Perusahaan yang ada di Kab.Batu Bara,ketika mereka butuh tenaga kerja dapat terhubung secara online oleh Disnaker Kab.Batu Bara ke masyarakat agar masyarakat calon pekerja kita mendapat kesempatan kerja.

     Disisi lain Pemkab.Batu Bara memfasilitasi tumbuhnya pusat-pusat latihan kerja yang profesional siap kerja bersertifikat.

     Keleluasaan masyarakat memperoleh kesempatan kerja dan kesempatan berusaha diusia produktif  adalah kesempatan emas bagi masyarakat memperbaiki diri beranjak dari kemiskinan menuju sejahtera yang endingnya berkontribusi bagi kemajuan daerah Kab.Batu Bara ini.

     Semoga keinginan Pemerintah Daerah ini dapat tertular seperti gencarnya virus tapi bukan Virus Covid 19,Masyarakat Industri diberbagai sektor seperti pertanian,perikanan merupakan ketahanan pangan adalah juga ketahanan menekan laju inflasi daerah.

Penulis :Dahwir Suprianto Munthe /Aktivis Sosial masyarakat dan Penggiat Jurnalistik