18 Oktober 2024
logo
Internasional

Rudal Putin Hantam NATO, Menlu Rusia Pulang dari G20 Bali

Rudal Putin Hantam NATO, Menlu Rusia Pulang dari G20 Bali

JCN,Jakarta

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov memutuskan untuk kembali lebih awal ke negaranya dari KTT G20 Bali pada Rabu (16/11/2022). Hal ini terjadi berbarengan dengan laporan media barat soal rudal Rusia yang jatuh dan meledak di salah satu negara anggota aliansi NATO, Polandia.

Laporan dimuat kantor berita Rusia, RIA Novosti. Posisi Lavrov sebagai kepala delegasi Rusia dalam KTT G20 akan digantikan oleh Menteri Keuangan Anton Siluanov.

"Seperti yang diharapkan, Mr Lavrov meninggalkan Bali pada akhir hari pertama KTT G20," tulis kantor berita itu melaporkan.

Deklarasi terakhir akan disetujui besok setelah pertemuan tentang digitalisasi. Rusia akan diwakili Menteri Keuangan (Anton) Siluanov," tambah media tersebut.

Kepulangan Lavrov ini terjadi ketika rudal Rusia diduga telah mendarat di sebuah desa Polandia yang berbatasan dengan Ukraina. Rudal itu bahkan menewaskan dua warga Polandia.

Warsawa sejauh ini berencana menggunakan pasal 4 NATO untuk menanggapi jatuhnya rudal tersebut. Pasal itu menuntut agar diadakannya sebuah pertemuan konsultasi darurat.

Selain itu, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki berjanji akan memperkuat pengawasan udaranya. Sekutu lainnya akan bergabung dengan Polandia.

"Kami memutuskan untuk meningkatkan kesiapan tempur unit terpilih angkatan bersenjata Polandia, dengan penekanan khusus pada pemantauan wilayah udara," katanya dikutip CNN International.

Perlu diketahui, sebanyak 30 Negara NATO terikat Pasal 5. Di mana negara-negara NATO bisa turun menyerang suatu negara bila salah satu anggotanya diserang. (Int-CNBC Indonesia/A1)